supported by

UNY  Library UNY   Journal UNY 

Selasa, 04 September 2018

RESENSI BUKU TEKNOLOGI MOTOR DIESEL

Judul buku : Teknologi Motor Diesel
Penulis : Sukoco, M.Pd.
                Zainal Arifin, M.T.
Penerbit : Alfabeta, Bandung
Tahun terbit : 2013
Jumlah Halaman : 183

● Biografi Penulis
   SUKOCO, lahir di madiun tanggal 21 januari 1953. Tamat pendidikan menengah pada tahun 1971. Kemudian menyelesaikan FKT IKIP  Yogyalarta sebagai sarjana muda pada tahun 1975. S2 jurusan pendidikan teknologi kejuruan di PPS IKIP Jakarta pada tahun 1996
Diangkat menjadi dosen jurusan pendidikan teknik otomotif sejak tahun 1977. Pernah menjabat kepala jurusan pendidikan teknik otomotif pada tahun 1983-1986. Menjabat sebagai sekretaris lembaga pengabdian masyarakat UNY pada tahun 1991 - 1998
   ZAINAL ARIFIN, lahir di garut tanggal 12 maret 1969. Menyelesaikan pendidikan menengah di malang pada tahun 1987. Lulus sarjana di FPTK IKIP Yogyakarta pada tahun 1992. Menyelesaikan S2 jurusan teknik mesin sekolah pascasarjana UGM pada tahun 2005. Menjadi dosen pendidikan teknik otomotif sejak tahun 2002. Pengalaman kerja menjadi senior project advisor pada clean air project swisscontact jakarta pada tahun 1998-2002. Supervisor chasis and suspension design enginering di PT. Bakrie Motor Jakarta pada tahun 1996-1998. Merupakan anggota Ikatan Ahli Teknik Otomotif (SAE-Indonesia)

● Latar belakang buku
   perkembangan teknologi dan informasi yang cepat dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang otomotif merupakan karya yang sangat fenomenal. Berhubung dengan itu buku teks ini ditulis yang merupakan buku bahan ajar matakuliah Teknologi Motor Diesel yang bertujuan membekali mahasiswa tentang Motor diesel.
Serta buku ini agar bisa dimanfaatkan untuk keperluan penting yang lain misal untuk penelitian, perbandingan dengan sumber lain dan lain-lain.

● Isi Buku
Buku ini berisi tentang :
Sejarah motor diesel, konsep motor diesel, karakteristik dan siklus kerja motor diesel
Konstruksi motor diesel
Bahan bakar, proses pembakaran dan ruang pembakaran
Sistem bahan bakar motor diesel
Sistem pengisian dan turbocharger
Sistem pelumasan
Sistem starting
Emisi gas buang

● Kelebiham Buku
- Buku merupakan cetakan baru jadi tulisan dan gambar tercetak dengan jelas
- Mendeskripsikan dan menjelaskan tentang motor diesel  secara lengkap
- Judul dan desain sampul cukup menarik

● Kekurangan Buku
- Terdapat beberapa gambar komponen yang tidak ada keterangan dari bagian-bagian kecilnya

● Kesimpulan
Buku ini cukup baik untuk pembaca pemula maupun untuk pembaca yang ingin mempelajari lebih dalam. Sangat berguna untuk mahasiswa atau pelajar untuk menemukan materi materi tentang motor diesel. Pembahasannya sangat lengkap.
Untuk saran : semoga segera diterbitkan buku lanjutan yang membahas lebih tinggi dan detail dan membahas teknologi yang terbaru dari motor diesel. Terimakasih..

 sumber buku : UPT PERPUSTAKAAN UNY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar